Beauty dan Wellness



Kecantikan banyak dihubungkan dengan kecantikan fisik, akan tetapi sebenarnya arti kecantikan sangat relatif. Hidung mancung dan kulit putih bagi orang Asia berarti cantik, akan tetapi bagi orang barat, bukan hidung yang diperhatikan melainkan kulit coklat adalah indikator cantik. Jadi lain budaya, lain persepsi atas kecantikan. Maka kecantikan tergantung persepsi dari yang melihat (beauty is in the eye of the beholder).

Tidak semua orang cantik secara fisik, akan tetapi semua orang bisa menjadi menarik. Hasil penelitian Mehrabian dan Blum tahun 1997 menunjukkan hasil bahwa orang dianggap menarik jika: 1) bersih, rapi, wangi; 2) berpakaian sederhana dan rapi; 3) postur tubuh yang baik (misal: berjalan dan duduk tegak, senyum dan penuh perhatian terhadap lawan bicara); 4) tunjukkan feminitas dan maskulinitas (misal: wanita: berdandan yang sederhana, tidak menor; pria: cukur jenggot).

Selain kecantikan fisik, ada juga kecantikan yang memancar dari dalam (inner beauty), yang biasa dihubungkan dengan wellness. Ada enam jenis wellness: intellectual, emosional, physical, sosial, pekerjaan, dan spiritual (Hettler 1991).


Menganut gaya hidup sehat dengan olah-raga teratur dan pola makan sehat dapat membantu mencapai physical wellness. Sedang wellness di bidang emosional, sosial dan pekerjaan dapat dibantu pencapaiannya melalui konseling. Wellness yang paling sulit dikembangkan dan dijelaskan adalah spiritual wellness. Biasanya orang sukses mempunyai spiritual wellness yang baik. Spiritual wellness sering dihubungkan dengan kebahagiaan.

Spiritual wellness adalah personal belief system, yang merupakan pencarian terus-menerus atas makna dan tujuan hidup, dan menghargai hal-hal yang tidak dapat dinilai dengan uang maupun dipahami oleh akal sehat.

Terdapat 7 cara untuk meningkatkan spiritual wellness dan kebahagiaan: 1) Selalu bersyukur; 2) Berfikir positif; 3) Sering Meditasi/berdoa; 4) Banyak tersenyum; 5) Dengarkan lagu gembira; 6) Jauhkan orang negative dari hidup anda; dan 7) Banyak memberi (pujian, bantuan, sedekah, semangat, dll).

Nah kini anda sudah mengetahui rahasia menjadi orang cantik/ganteng, menarik dan bahagia.

0 views

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com