CSR dan Kesinambungan Perekonomian



Puluhan peserta yang hadir pada acara Ngopi Sore Bareng Sinar Harapan di Gedung Fx, Jakarta, pada 6 Desember 2013, tampak antusias menyimak beragam isu menarik seputar praktik CSR di Indonesia. Acara yang memang digelar sore hari itu bertema Peran dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Kesinambungan Perekonomian Indonesia.

Pada intinya CSR merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap dampak keputusan dan aktivitasnya, karena itu CSR yang tepat akan memberi nilai tambah kepada perusahaan. Sayangnya masih banyak perusahaan yang memandang CSR hanya sebatas membagi-bagikan donasi kepada masyarakat. Cara pandang ini akan membatasi manfaat yang bisa diraih perusahaan melalui CSR. Beberapa poin tersebut diungkapkan Executive Director CECT/Founding Director MM-Sustainability Universitas Trisakti Maria R Nindita Radyati Ph.D, yang menjadi pembicara utama pada acara itu. Pembicara lainnya adalah Lukman Hakim Moeslich, Manajer CSR Tanoto Foundation yang memaparkan mengenai praktik CSR oleh Tanoto Foundation.


Menurut Maria Nindita, melalui CSR perusahaan dapat beperan aktif meningkatkan perekonomian Indonesia. Salah satu cara yang dapat ditempuh perusahaan adalah dengan mendorong tumbuhnya para wirausaha sosial. “Mereka adalah para social entrepreneur yang berusaha mengatasi masalah-masalah sosial yang dihadapi masyarakat melalui pengembangan usaha. Umumnya pengembangan usaha ini dilakukan dengan melibatkan peran aktif komunitas, termasuk dalam hal kepemilikan usaha,” papar Maria Nindita.

Kerja sama antara perusahaan dan wirausaha sosial ini dapat meliputi berbagai hal. Misalnya pelatihan pengembangan kapasitas, perluasan jaringan usaha, pembukaan pasar bagi produk yang dihasilkan komunitas, atau penguatan pemodalan. Jalinan kerja sama antara perusahaan dan wirausaha sosial in diharapkan akan mendorong lebih cepat pertumbuhan usaha komunitas, yang pada akhirnya akan memperkuat perekonomian Indonesia.

0 views

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com