Jangan Lupakan Hak Anak



Program MM-Sustainability /CECT Universitas Trisakti dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik (Save the Children) menggelar “Round Table Discussion CSR Regulation” di Menara Batavia, Jakarta, pada 1 September 2016. Salah satu hal penting yang muncul dalam diskusi ini adalah jangan melupakan hak anak, khususnya terkait dengan dampak bisnis terhadap anak.

Diskusi yang dipandu oleh Wiwin W dari Save The Children dan Founding Director MM-Sustainability/Executive Director CECT Universitas Trisakti Maria R Nindita Radyati PhD ini dihadiri beragam kalangan yang menaruh perhatian pada anak-anak dan kaitannya dengan dunia usaha. Diantaranya  dari Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Indonesia Global Compact Network (IGCN), Indonesia Business Link (IBL), The Nature Conservancy (TNC), Gugah Nurani Indonesia, Aksamala Foundation, Sinambung Indonesia, IDN Financial dan PT Cheil.

Menurut Wiwin sebenarnya sudah ada 10 Prinsip Dunia Usaha dan Hak Anak yang disusun melalui proses konsultasi dengan anak terkait dampak bisnis terhadap anak. Sepuluh Prinsip ini dikenal dengan nama Children’s Rights and Business Principles (CRBP).

CRBP penting antara lain karena hak asasi manusia (HAM) berlaku untuk semua anak. Apa lagi ada jutaan anak Indonesia berkaitan dengan dunia usaha. Sebagai gambaran sekitar 30% penduduk Indonesia, atau lebih dari 85 juta adalah anak-anak.


Wiwin mengungkapkan, tindakan positif terhadap hak anak akan berdampak pada reputasi perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan yang mengintegrasikan HAM terhadap anak dalam menjalankan usahanya akan lebih dapat menjamin keberlanjutan usahanya.

Diskusi ini juga menjadi ajang bagi para peserta untuk menyampaikan pendapatnya mengenai hal-hal yang berkaitan antara hak anak dan regulasi tanggung jawab sosial perusahaan. Hasil dari diskusi ini juga menjadi masukan dalam penyusunan suatu policy brief.

Sedangkan untuk ruang lingkup tanggung jawab sosial perusahaan menurut Maria Nindita dapat merujuk pada ISO 26000. Dalam ISO 26000 ruang lingkup tanggung jawab sosial meliputi  tata kelola organisasi; hak asasi manusia; praktik tenaga kerja; praktik bisnis yang adil; isu konsumen; lingkungan hidup; serta pelibatan dan pengembangan komunitas. Dalam hal hak asasi manusia, tentunya juga termasuk hak anak.

0 views

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com