Kewirausahaan Pada Enduro Student Program



Founding Director MM-Sustainability/Executive Director CECT Universitas Trisakti Maria R Nindita Radyati PhD menjadi pemateri utama pelatihan kewirausahaan dalam Enduro Student Program yang merupakan salah satu program andalan PT Pertamina Lubricants.  Penyampaian materi yang dilakukan di Cilacap, Jawa Tengah ini merupakan salah satu bagian dalam rangkaian Enduro Student Program.

Enduro Student Program yang pembukaannya dilakukan pada 13 Juni 2016 dan berlangsung hingga 19 Agustus 2016 ini merupakan program pemberdayaan masyarakat di bidang kewirausahaan yang dilakukan PT Pertamina Lubricants berlokasi di Unit Produksi Cilacap. Adapun CECT Universitas Trisakti merupakan mitra pelaksana. Selain itu terlibat pula beberapa mitra lokal pendukung seperti balai latihan kerja, bengkel mitra, dinas-dinas  pemerintahan terkait dan masyarakat setempat.

Peserta pada program ini adalah puluhan pelajar SMK dari beberapa SMK yang memiliki semangat tinggi untuk berwirausaha. Materi dalam pelatihan ini mencakup teori dan praktik yang disampaikan di dalam dan di luar kelas. Pelatihan di dalam kelas berlokasi di Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Cilacap, sedangkan materi di luar kelas dilakukan di bengkel-bengkel mitra Pertamina Lubricants.


Selain materi kewirausahaan, pelatihan pada program ini juga meliputi materi lain seperti pengelolaan limbah B3 dan bengkel, creative thinking, product knowledge, character building, materi mekanik, serta pemagangan di bengkel. Materi pelatihan ini pun disampaikan para pemateri dari berbagai sumber seperti Integrated Lubricants Management Academy (ILMA) Pertamina, TNI dan BLKI.

Pada materi kewirausahaan, Maria antara lain mengajarkan cara-cara menjual produk agar konsumen tertarik untuk menggunakan barang yang ditawarkan. Peserta juga dilatih untuk membuat SOP pelayanan di bengkel yang mampu memenuhi harapan pelanggan. Materi ini juga mencakup bagaimana bersikap sopan, berempati, dan memberi pengetahuan mengenai produk kepada pelanggan.

Penyampaian materi kewirausahaan ini diharapkan akan menjadi bekal para peserta agar mampu berwirausaha. Hal ini pula yang menjadi harapan seluruh stakeholder yang terlibat dalam Enduro Student Program. Kegiatan ini memang melibatkan banyak pihak yang menjadi mitra Pertamina Lubricants, diantaranya perwakilan dari pemerintah setempat seperti Dinas Pendidikan dan Olahraga, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, BLKI, camat serta guru-guru. 

0 views

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com