Launching “Organisational Governance Base on ISO 26000: A Toolbox”



Direktur Eksekutif CECT Universitas Trisakti Dr. Maria R Nindita Radyati, Dipl. Cons, kembali meluncurkan buku baru. Kali ini sebuah buku berkover biru dengan judul “Organisational Governance Base on ISO 26000: A Toolbox”. Buku ini diluncurkan saat anugerah “CECT CSR Awards” digelar di Fairmont Hotel Jakarta pada 17 Maret 2015.  

Sesuai dengan tag “A Toolbox”, buku ini memang ditujukan untuk membantu perusahaan, organisasi publik maupun organisasi nirlaba, dalam hal tata kelola organisasi merujuk kepada ISO 26000. Sebagaimana diketahui, ISO 26000 merupakan pedoman (guidance) untuk melaksanakan tanggung jawab sosial (social responsibility) organisasi.

Berdasarkan ISO 26000, ruang lingkup tanggung jawab sosial meliputi tujuh subjek utama (core subjects) yang terdiri dari tata kelola organisasi (organisational governance); hak asasi manusia (human rights); praktik ketenagakerjaan (labour practices); praktik operasional yang adil (fair operating practices); isu konsumen (consumer issues); lingkungan (the environment); dan keterlibatan dan pengembangan masyarakat (community involvement and development).


Kecuali untuk subjek utama tata kelola organisasi, subjek utama lainnya mencakup beberapa isu. Sebagai contoh, subjek utama praktik kenagakerjaan meliputi lima isu, yaitu pekerjaan dan hubungan kerja; kondisi kerja dan perlindungan sosial; dialog sosial; kesehatan dan keselataman kerja; dan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di tempat kerja.

Tentunya tidak mudah bagi organisasi untuk memahami bagaimana menerapkan tata kelola organisasi dalam aktivitas tanggung jawab sosial. Karena itu, menurut Maria, tujuan utama buku ini adalah untuk “membantu membimbing” organisasi dalam rangka menerapkan aspek tata kelola organisasi menurut ISO 26000.


“Harapan saya, toolbox ini akan bermanfaat untuk semua jenis organisasi,”

ujar Maria, yang juga merupakan Founding Director Program MM-Sustainability Universitas Trisakti ini. 

0 views

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com