Maria Nindita Radyati Pimpin Diskusi Pada Seala Regional Leadership Workshop



Founding Director MM-Sustainability Trisakti Maria R Nindita Radyati PhD menyampaikan paparan mengenai Kepemimpinan dalam CSR sekaligus memimpin Small Group Discussion Leaders pada SEALA Regional Leadership Workshop yang digelar di Surabaya pada 18 Januari 2016. Sesi untuk para pemimpin ini merupakan bagian dari The 2016 Academy yang berlangsung 13 – 24 Januari 2016.

SEALA (South East Asia Leadership Academy) merupakan inisiatif yang diluncurkan oleh Society of International Business Fellows (SIBF), sebuah organisasi jaringan regional berkantor pusat di Amerika Serikat. SIBF sendiri beranggotakan ratusan pemilik dan pimpinan puncak dari berbagai perusahaan.

Pada sesi yang diikuti puluhan peserta dari berbagai negara di Asia tersebut Maria menyampaikan materi bertema Leadership in CSR – A Moral or Commercial Imperative. Pemaparan yang didukung oleh pengalaman dan penelitian yang telah dilakukannya baik di Indonesia maupun di beberapa negara lain, membuat sesi ini berlangsung sangat menarik.


Berbagai hal berkaitan dengan CSR mengemuka dalam diskusi yang berlanjut dengan tanya jawab ini. Diantaranya mengenai CSR bukan hanya filantrofi dan bagaimana melakukan CSR yang benar. Juga mengenai CSR dalam konteks Indonesia dan undang-undang serta peraturan yang berlaku di Indonesia berkaitan dengan CSR.

Hal lain yang mengemuka dalam diskusi ini adalah perlunya pemimpin perusahaan berinisiatif menjalankan CSR dan bukan bergantung hanya pada undang-undang dan peraturan saja. Inisiatif pemimpin akan menentukan arah program CSR yang harus dijalankan perusahaan.

Selain itu, kepemimpinan dalam perusahaan juga penting untuk menjalankan CSR yang benar karena berkaitan dengan moral dan manfaat komersial bagi perusahaan. Dalam konteks Indonesia, kepemimpinan dalam CSR semakin penting karena program CSR juga tergantung dari kualitas pemimpin perusahaan.


“Bahkan Bursa Efek Indonesia kini memberi perhatian khusus untuk meningkatkan kualitas pemimpin perusahaan agar dapat memahami dan menjalankan CSR yang benar,”

ungkap Maria.

Sesi ini mendapat perhatian khusus dari para peserta. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta untuk mengetahui lebih dalam mengenai leadership dan CSR dengan bertanya langsung kepada Maria setelah sesi diskusi berakhir. SEALA Regional Leadership Workshop ini memang diharapkan dapat menginspirasi para pemimpin muda di negara-negara Asia.

0 views

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com