Mengukur Dampak Program Melalui SROI



Bertempat di Kampus Program MM-Sustainability Universitas Trisakti, Menara Batavia, Jakarta, CECT Universitas Trisakti kembali menggelar Workshop bertema “It is not just about the money: Measuring the Social Return on your CSR Investment (SROI)”. Workshop yang merupakan bagian dari CECT CSR Workshop Series ini berlangsung pada 4-5 Mei 2017, diikuti peserta dari beberapa perusahaan dan organisasi, diantaranya Interlink Terchnology Service Indonesia (ITSI), ADRA Indonesia Foundation, dan Perkumpulan Telapak.

Executive Director CECT/Founding Director MM-Sustainability Universitas Trisakti Maria R Nindita Radyati PhD menyampaikan langsung materi workshop yang berlangsung selama dua hari ini. Pada workshop kali ini, materi SROI juga disampaikan oleh Business Strategic Manager CECT Bonifasius Parikesit.

Pada dasarnya, SROI merupakan kerangka untuk mengukur dan menghitung dampak dari suatu program yang dilakukan suatu organisasi. Tentunya organisasi ini tidak hanya terbatas pada perusahaan, namun juga bisa yayasan, perkumpulan atau organisasi lainnya yang melakukan program tertentu.


Materi dalam pelatihan ini meliputi berbagai hal berkaitan dengan SROI. Diantaranya mengapa SROI perlu dilakukan, siapa saja yang perlu dilibatkan dalam menghitung SROI, serta kapan SROI sebaiknya dilakukan.

Selain itu, tentu saja bagaimana cara menghitung SROI menjadi bagian penting dalam workshop ini. Perhitungan ini meliputi tehnik memahami variabel dalam kerangka SROI, termasuk aktivitas stakeholder yang  dapat menjadi input dalam perhitungan, outcomes dan rasio SROI-nya.

Pelatihan ini menjadi semakin menarik karena perhitungan SROI dilakukan melalui studi kasus yang ditemui pada organisasi peserta workshop. Dengan demikian, diharapkan setelah mengikuti workshop ini, pengetahuan mengenai SROI dapat segera diterapkan pada organisasi masing-masing.

8 views

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2020 MM-Sustainability Trisakti University