PGN Dukung Kebersamaan Melalui Seni, Bazaar, dan Nonton Bersama



Suasana lapangan di depan SDN 30 Lubai, Desa Pagar Dewa, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, sejak pagi hingga malam hari pada 31 Desember 2016 tampak meriah. Ratusan orang berkumpul di tempat itu sejak pagi memeriahkan acara pentas seni dan bazar, yang dilanjutkan dengan nonton bersama pada malam harinya. Rangkaian acara itu digelar oleh masyarakat Pagar Dewa yang didukung oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk bersama CECT/MM-Sustainability Universitas Trisakti.

Di awal acara ini perwakilan dari PGN, Pramono, menyatakan bahwa PGN selalu berusaha maju bersama masyarakat, karena itu beragam program CSR dijalankan PGN untuk kemajuan bersama. Termasuk diantaranya adalah membangun kebersamaan di masyarakat melalui pentas seni, bazar dan nonton bersama.

Acara ini sekaligus menjadi sarana latihan bagi masyarakat agar mampu mengorganisir diri sendiri demi kepentingan bersama. Melalui acara ini kelompok-kelompok seni mempersiapkan diri dengan berlatih bersama sebelum hari pementasan. Semangat dan kebersamaan yang terjalin dalam persiapan tercermin dalam pentas seni yang meriah dan penuh kegembiraan. Seni yang ditampilkan kelompok-kelompok seni di panggung antara lain pertunjukan Gending Sriwijaya, kuntaw (silat) dan kuda lumping.

Tentu saja, pentas seni ini juga menjadi sarana hiburan masyarakat yang sangat menghibur. Namun yang lebih penting, pentas seni ini mampu meningkatkan semangat masyarakat untuk membangkitkan kembali kelompok-kelompok seni di Desa Pagar Dewa yang selama beberapa tahun sempat vakum.

Semangat kebersamaan juga dirasakan oleh ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok PKK. Beberapa hari menjelang acara ini mereka berkumpul dan bersama-sama membuat beragam makanan yang akan dijual pada saat bazar. Bahkan, mereka rela menghentikan sementara aktivitas yang biasanya dilakukan pagi hari di kebun karet, agar dapat menjual hasil produksi makanan mereka pada saat bazar digelar.

Makanan yang ditawarkan ibu-ibu anggota kelompok PKK ini pun terjual habis pada saat bazar.


“Pokoknya kami senang. Kami sangat berterima kasih untuk sponsor pendukung, kepada PGN dan Trisakti, karena dengan acara seperti ini kekompakan di sini bisa terlihat, terutama untuk warga Dusun IV Pagar Dewa,”

ujar Windartin dan Karsi, anggota PKK RT 03/ Blok C, Dusun IV.


Tak mengherankan jika mereka mengharapkan agar bazar ini dapat diselenggarakan lebih sering.

Pada malam hari, rangkaian acara ini diisi dengan menonton bersama beberapa film yang ditayangkan pada layar lebar. Film yang diputar pada acara ini adalah film-film yang mengandung unsur pendidikan namun menghibur, diantaranya film tentang mantan presiden RI BJ Habibie saat menempuh pendidikan di Jerman. Penayangan film yang dibarengi dengan menikmati beberapa jenis makanan tradisional ini semakin menambah keakraban warga desa.

1 view

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2020 MM-Sustainability Trisakti University