PGN Gelar Pelatihan Bumdes



BUMDES diharapkan dapat menjadi wadah bagi kelompok usaha masyarakat desa yang dapat meningkatkan kesejahteraan. Karena itu PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk bekerja sama dengan CECT/MM-Sustainability Universitas Trisakti menggelar pelatihan bagi masyarakat Desa Pagar Dewa, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, untuk mengembangkan BUMDES di desa tersebut.

Pelatihan yang digelar pada 5-6 Februari 2017 dan dilakukan di kantor desa ini mendatangkan dua pembicara. Mereka adalah Executive Director CECT/Founding Director MM-Sustainability Maria R. Nindita Radyati PhD, dan Sustainable Business Manager CECT Rio Zakarias Widyandaru ST, MM (CSR).

Mekanisme tata kelola BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) yang baik menjadi fokus utama pada pelatihan ini. Poin-poin penting yang berkaitan dengan hal ini antara lain perihal visi, misi, tujuan dan nilai-nilai dalam BUMDES. Selain itu pemahaman terhadap peraturan tentang BUMDES, kode etik, hingga AD/ART BUMDES juga tak bisa dipisahkan dari tata kelola yang baik.  

Pengelola BUMDES tentu harus mampu mengenali dan menyiapkan proposal dengan baik, karena itu pelatihan ini pun dilengkapi dengan materi tersebut. Dengan memahami kriteria proposal yang baik, pengelola BUMDES diharapkan mampu melakukan seleksi terhadap setiap proposal yang masuk ke BUMDES.  


Tata kelola BUMDES yang baik tentunya harus dapat mengembangkan masyarakat, karena itu manajemen implementasi kegiatan pengembangan masyarakat juga diajarkan pada pelatihan ini. Proses ini dimulai dari perencanaan, monitoring hingga evaluasi keberhasilan suatu kegiatan pengembangan masyarakat.

Pelatihan ini diikuti oleh peserta dari seluruh fungsi BUNDES yang melipui penasehat, pengawas dan operasional. Ketiga fungsi ini memang harus berjalan bersama agar BUMDES dapat menjalankan fungsinya secara  maksimal.

Pada pelatihan ini peserta berhasil merumuskan visi, misi, tujuan dan nilai-nilai BUMDES. Contohnya, visi yang disepakati adalah mewujudkan desa yang bersih, indah, sehat, bahagia dan sejahtera, dengan misi mengubah perilaku dan mendorong kewirausahaan untuk mewujudkan  desa sejahtera.

Para peserta pelatihan pun sepakat menentukan tujuan bersama melalui BUMDES. Tujuan itu adalah mewujudkan perilaku bersih, mendorong kewirausahaan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa, melestarikan budaya, dan menciptakan hubungan masyarakat yang kompak dan rukun melalui gotong  royong.

1 view

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com