PGN Gelar Pelatihan dan Bantuan di Batam



Program CSR PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk di wilayah Batam terus berjalan. Pada akhir Maret lalu misalnya, serangkaian kegiatan dilakukan bekerja sama dengan CECT/MM-Sustainability Universitas Trisakti.

Kegiatan yang dilakukan antara lain adalah pelatihan dan pengenalan tanaman obat keluarga, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Toga. Kegiatan yang digelar di Pulau Lance ini diikuti dengan antusias oleh belasan ibu-ibu dengan fasilitator Vera, Ketua Kelompok Perempuan Kreatif Mandiri (KPKM).

Pada kegiatan ini kelompok ibu-ibu mendapat pengetahuan dan keterampilan agar dapat mengenali berbagai jenis tanaman yang bermafaat sebagai obat. Pelatihan ini juga dilengkapi dengan cara membudidayakan, memanen, hingga cara memanfaatkan tanaman tersebut sebagai obat.

Kegiatan ini dilakukan sekaligus untuk menjawab kondisi yang dihadapi masyarakat saat ini. Pasalnya, berdasarkan kegiatan pemeriksaan kesehatan masyarakat yang pernah dilakukan satu bulan sebelumnya, diperoleh kenyataan bahwa banyak masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, serta kadar gula, kolesterol dan asam urat yang melebihi ambang batas normal.

Di akhir kegiatan, kelompok ibu-ibu mendapat sejumlah bibit tanaman yang siap tanam. Tentunya, berbekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pelatihan, tanaman ini dapat dimanfaatkan masyarakat.

Selain melakukan pelatihan, perusahaan BUMN yang lebih dikenal dengan nama PGN ini juga memberikan sejumlah bantuan di bidang  pendidikan, antara lain buku-buku tokoh pahlawan yang diproduksi khusus oleh PGN. Buku-buku ini diberikan kepada TK Aisyiyah 1 di Tembesi Tower, dan SDN 015 Kecamatan Sagulung di Tanjung Gundap, Batam.

Bantuan juga diberikan kepada sebuah koperasi. Bantuan ini berupa laptop dan printer untuk Koperasi Mandiri Karya Tembesi. Bantuan ini ditujukan untuk menunjang operasional koperasi yang sebelumnya hanya dapat melakukan pencatatan secara manual. Penyerahan bantuan juga dibarengi dengan diskusi bersama untuk mempercepat perkembangan koperasi.

2 views

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com