Presentasi Validasi Pasar @america



Market validation atau validasi pasar pada dasarnya merupakan proses untuk meyakinkan bahwa produk yang dihasilkan seorang pengusaha dapat diterima pasar. Keyakinan ini akan menambah semangat untuk terjun secara total meraih peluang bisnis yang ada.

Validasi pasar perlu dilakukan pada tahap akhir inovasi tapi sebelum pemasaran, karena validasi pasar ini sangat membantu dari pengembangan inovasi menuju pengembangan bisnis. “Salah satu teknik validasi pasar adalah dengan mewawancarai mereka yang mengenal produk Anda,” saran Gunawan ST, saat melakukan presentasi pada Program iLearn@america: Innovation Readiness Series with the University of Texas dengan topik entrepreneurship.

Materi validasi pasar merupakan modul ke-8 pada Program iLearn@america yang digelar di Pacific Place, Jakarta, pada 3 Desember 2012. Menurut Gunawan dalam paparannya, validasi pasar juga meliputi pemahaman terhadap jenis teknologi yang digunakan hingga langkah komersialisasi, sehingga dapat diketahui pendapat pasar tentang produk yang akan dipasarkan.


Persoalan penting dalam validasi pasar adalah menentukan validator, kesalahan memilih validator akan menyebabkan validasi pasar tidak akurat. Selain itu menyiapkan pertanyaan yang akan ditanyakan kepada validator juga perlu dilakukan untuk mendapatkan feedback yang tepat. Teknik menggali informasi dari validator dengan cara bertanya yang baik juga menjadi penentu untuk mendapatkan informasi yang valid.

Pada presentasi ini Gunawan ditemani oleh Direktur Interlink Pty Ltd Australia Tony Simmonds MBA. Tony memberi beberapa contoh validasi pasar yang dilakukan perusahaannya dan terbukti sukses di pasar Indonesia.

0 views

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com