Tim Ahli RUU TJSP Jaring Pandangan Masyarakat



Menjaring pandangan dari beragam kelompok masyarakat terus dilakukan oleh Tim Ahli Rancangan Undang Undang (RUU) Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) yang diinisiasi oleh DPD (Dewan Perwakilan Daerah) Republik Indonesia. Pada 25 April 2016 misalnya, Tim Ahli RUU TJSP dan anggota DPD melakukan diskusi dan mendengarkan masukan dari Bupati Bojonegoro dan KADIN Indonesia. Ketua Tim Ahli RUU TJSP Maria R Nindita Radyati PhD, yang juga adalah Founding Director MM-Sustainability/Executive Director CECT Universitas Trisakti, didampingi para anggota hadir dalam acara yang digelar di salah satu ruang rapat DPD di Jakarta tersebut.

Bupati Bojonegoro Suyoto memaparkan pengalaman dan pengamatannya mengenai CSR.


Menurutnya, cara pandang terhadap CSR di Indonesia masih sangat beragam. Persepsi masyarakat, perusahaan, pemerintah dan LSM masih berbeda-beda. Perbedaan pandangan ini terjadi karena adanya perbedaan kepentingan dan ego masing-masing pihak.

Menurut Suyoto, ketentuan yang ada saat ini belum mengatur collaborative action atau partnership di antara para stakeholders. Padahal collaborative action diperlukan untuk menghasilkan keberlanjutan (sustainability) dan mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). Collaborative ini mengandung arti duduk bersama untuk merumuskan, mengevaluasi dan mewujudkan mimpi bersama.


Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Good Corporate Governance (GCG) dan CSR Suryani Sidik Motik mengemukakan bahwa masyarakat masih menganggap CSR identik dengan community development . “Pandangan ini merupakan contoh pemahanan CSR yang masih kurang,” ujar Suryani. Karena itu KADIN berusaha keras  menyosialisasikan CSR yang benar kepada anggota KADIN dengan merujuk kepada ISO 26000 tentang Tanggung Jawab Sosial Organisasi.

Diskusi ini juga diramaikan dengan tanya jawab antara anggota DPD dengan Suyoto dan Suryani. Rencananya, Tim Ahli RUU TJSP juga akan melakukan serangkaian pertemuan  dan mendengar masukan dari stakeholder lainnya untuk menjaring pendapat masyarakat yang lebih luas.

1 view

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com