Tips Jual-Beli Mobitu dan Mobil Retro



Mobitu atau mobil tua adalah mobil yang masih orisinil akan tetapi diproduksi sekitar tahun 1950an s/d 1990an. Mobil klasik, vintage, maupun mobil hobi, termasuk dalam kelompok ini. Sedang mobil retro adalah mobil tua yang telah dimodifikasi.

Banyak jenis bisnis dapat dilakukan di dunia otomotif, diantarnya adalah jual-beli mobil bekas atau retro. Berbisnis ini ternyata sangat visibel saat ini karena beberapa alasan, yakni: harga mobil baru mahal; pajak mobil baru juga mahal; fasilitas transportasi umum masih belum memadai, terutama jika kita ingin pergi bersama keluarga, ataupun memenuhi undangan yang membutuhkan kita berpakaian rapi dan wangi.

Berbisnis ini rata-rata dapat menghasilkan keuntungan antara 20% - 30% dari harga beli mobil. Keuntungan bersih yang dapat diperoleh sekitar Rp.5 - 10 juta per unit. Hal ini disebabkan penjual harus membayar pajak, penghubung yang berjasa mencarikan konsumen, juga komisi/biaya marketing.

Kecenderungannya penjualan akan meningkat pada saat menjelang hari raya/libur nasional seperti: Idul Fitri, Natal, Galungan, Kuningan, maupun Tahun Baru.

Tips memulai bisnis jual-beli mobitu dan mobil retro Sebelum memulai, anda sebaiknya melakukan riset dulu untuk mengetahui harga maupun seluk-beluk mesin dari mobitu maupun mobil retro yang anda incar untuk dibeli untuk kemudian dijual.

Riset dapat dilakukan di bursa mobil bekas, seperti: ITC Permata Hijau atau Blok M di Jakarta Selatan, MGK Kemayoran di Jakarta Pusat; atau melalui banyak situs yang berhubungan, seperti: modifikasi.com; carmudi.co.id;

Cek harga mobil bekas dan info seputar mobil: autocarprices.com; bosmobil.com; dapurpacu.com; bimmeroom.com, dll.


Selain itu ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan jika ingin menjual mobitu atau mobil retro:

  1. Retail atau showroom. Jika modal anda terbatas, sebaiknya memulai dengan menjual satu-per satu, secara retail, langsung kepada pembeli yang mengunjungi rumah anda untuk melihat mobil yang anda jual. Jika modal anda cukup besar, maka anda bisa membuka showroom

  2. Pilih jenis mobil berdasarkan kocek dan hobi anda. Misal mobil dengan merek laris (Suzuki, Toyota, Isuzu), atau mobil hobi (mobil-mobil tahun 1990an dan mobil vintage tahun 1960an-1990an (misal: Mercy, Volvo, Land-Rover, BMW, dll), mobil klasik, sport, youngtimer, retro, modern classic, hingga future classic sport car.

  3. Ijin resmi. Jika anda membuka showroom, pastikan anda mempunyai ijin resmi

  4. Lokasi yang strategis. Jika anda buka showroom, sebaiknya sewa tempat yang strategis yang banyak dilewati kendaraan.

  5. Strategi marketing: instagram, mengiklankan pada situs mobil retro, membangun relasi sebanyak mungkin, jika perlu masuk klub mobil

  6. Perbaiki kondisi mobil, termasuk: Eksterior dibuat secantik mungkin, Interior diperbaiki, Kabel-kabel listrik dipastikan dalam kondisi baik, Electrical system (lampu, power window, AC, dll) berjalan dengan baik, Pastikan tak ada kebocoran oli, air radiator, dan semua komponen di mesin masih berfungsi baik (chasis, knalpot, dll).

  7. Legalitas mobil. Pastikan mobil yang anda jual bukan curian, status legalnya dapat dicek di: samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB dan disarankan cek fisik kendaraan (mencocokkan nomer rangka mesin dengan nomer di STNK) dan keabsahan BPKB dan STNK ke Samsat terdekat.

  8. Jujur atas ‘kekurangan’ dari mobil bekas yang dijual

  9. Jangan biarkan barang dagangan dibawa dengan hanya dibayar DP

  10. Minta pembayaran cash lunas dahulu baru serah-terima mobil

  11. Hati-hati selalu: jika calon pembeli ingin test-drive, sebaiknya ada yang menemani anda, sehingga terhindar dari kemungkinan tindak kejahatan

Selain di atas, bisnis ini membutuhkan kesabaran; modal relatif besar; punya pengetahuan tentang: merek mobil, spesifikasi mesin, informasi terkini tentang harga mobil, jenis kendaraan yang banyak dicari karena efisien, hobi, atau prestise; yang tak kalah penting adalah punya hobi otomotif.

Sebaliknya jika anda ingin membeli, maka perhatikan hal-hal yang relevan dari tips tersebut di atas sebelum membeli mobitu maupun mobil retro. Jika perlu, ajak montir atau mekanik mobil langganan untuk menemani mengecek kondisi mobil bekas yang akan dibeli.

0 views

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com