Training CSR Lifecycle



CECT Universitas Trisakti kembali menggelar Training CSR Lifecycle. Pelatihan kali ini khusus diikuti oleh 17 orang karyawan PT PGN Tbk, dilaksanakan di Wisma PGN, Kabupaten Bogor, pada 16-17 Februari 2015.

Direktur Eksekutif CECT Universitas Trisakti, Dr. Maria R Nindita Radyati, Dipl. Cons, mengawali pelatihan ini dengan menjelaskan betapa pentingnya CSR bagi perusahaan, departemen apa saja dalam perusahaan yang seharusnya terlibat dalam kegiatan CSR, dan apa dampaknya jika perusahaan tidak menjalankan CSR. Maria juga menyinggung tentang salah kaprah perusahan dalam memandang CSR, dan tantangan yang dihadapi perusahaan dalam menjalankan program CSR. 

Saat ini pedoman tanggung jawab sosial organisasi telah termuat di dalam ISO 26000, karena itu pada pelatihan ini Maria juga memaparkan pengertian tanggung jawab sosial menurut ISO 26000. Keterkaitan antara CSR, sustainable development dan sustainability, serta perlunya CSR sepanjang value chain juga dipaparkan cukup rinci sepanjang dua hari training ini.

Pada pelatihan ini para peserta dibekali cara-cara untuk mengidentifikasi persoalan ekstenal perusahaan atau di masyarakat yang dapat berpengaruh terhadap perusahaan. Siapa saja stakeholder yang mempunyai kekuatan untuk memengaruhi operasional perusahaan, dan strategi apa yang perlu dilakukan perusahaan, juga diajarkan pada pelatihan ini.


Dalam pelatihan yang berlangsung interaktif dan dinamis ini peserta dibagi menjadi empat kelompok. Masing-masing anggota dalam kelompok dilatih antara lain agar mampu mengidentifikasi persoalan, memetakan stakeholder yang  berpengaruh dan mendiskusikan solusi yang akan diambil. Pada diskusi kelompok muncul pemahaman bahwa keputusan yang diambil dalam setiap divisi perlu mempertimbangkan dampaknya terhadap perusahaan secara keseluruhan, termasuk citra perusahaan di masyarakat. Para peserta juga menyadari, perlunya mengukur atau menilai tingkat keberhasilan suatu program CSR.

Melakukan evaluasi dan mengukur dampak CSR merupakan salah satu bagian dalam Radyati­–Simmonds CSR Life Cycle, atau Siklus Tanggung Jawab Sosial yang dikembangkan oleh Maria dan seorang pakar manajemen proyek dan manajemen risiko dari Australia, Tony Simmonds. Siklus ini menjadi salah satu materi penting dalam pelatihan ini.


“Radyati­–Simmonds CSR Life Cycle dapat digunakan oleh perusahaan maupun organisasi untuk merencanakan CSR”

ungkap Maria. 

0 views

contact us

MM-Sustainability Trisakti University

Menara Batavia 2nd Floor

Jl. K. H. Mas Mansyur Kav. 126

Central Jakarta, 10220

Indonesia

P. 021-57 930 117 / 57 930 241

F. 021-57 930 117

E. info@mmsustainability.ac.id

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube

© 2023 by Lee Phan. Proudly created with Wix.com